Driver Wuling Yang Sering Ngantuk Harus Baca Ini

Penggunaan mata dalam jangka waktu lama tanpa istirahat yang cukup, mengakibatkan mata lelah. Kondisi ini sering dialami oleh masyarakat modern di perkotaan karena gaya hidup dan tuntutan pekerjaan yang membuat mata terus menerus digunakan secara intens. Mata yang sudah lelah biasanya dapat dikenali dengan beberapa gejala:
Mata terasa sangat berat dan terkadang berair.

Mata juga ikut terasa perih, kering, atau bahkan sedikit gatal.
Jika mata sudah benar-benar sangat lelah, maka kita pun akan kehilangan fokus dalam pandangan dimana dalam beberapa kali pandangan bisa kabur dan sensitif pada cahaya.
Selain itu area kepala, leher, bahu, atau bahkan punggung juga biasanya ikut terasa nyeri.
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan mata lelah:
Menyetir kendaraan dengan jarak tempuh yang jauh.
Menatap layar komputer atau gadget dalam waktu yang lama.
Terlalu lama melakukan kegiatan membaca.
Melihat secara terus-menerus dalam ruangan minim cahaya.
Terpapar cahaya yang terlalu terang atau menyilaukan.

Selain itu, udara kering, stres, kelelahan, dan kondisi mata semisal ketidakseimbangan otot mata dan kelainan penglihatan yang tidak diobati juga berperan terhadap terjadinya mata lelah.

Mata lelah juga dapat terjadi karena Anda menyetir mobil dalam jangka waktu yang lama. Konsentrasi ke jalan terkadang membuat mata Anda jarang berkedip. Hal ini membuat permukaan mata jadi mengering,” jelas Dr. Hadi Prakoso, Sp.M, spesialis mata dari Klinik Mata Nusantara, Jakarta. “Selain itu, hembusan AC terus menerus juga membuat kelembaban udara di mobil berkurang. Pada saat Anda berkendara di malam hari, sorot lampu dari kendaraan yang berlawanan arah, juga membuat mata terasa silau dan akhirnya membuat mata terasa perih. Jika hal ini berlangsung terus menerus dan dalam waktu yang lama, tentunya akan mengganggu kesehatan mata. Tentu saja mata meradang disertai keringnya udara bukanlah kondisi ideal untuk mengemudi. Malah kecelakaan fatal bisa mengintai karena kurangnya visibilitas dan konsentrasi.

Jika hujan turun deras, suhu pun akan semakin turun, menjadi dingin, dan menimbulkan kabut. Penglihatan pun pasti akan sangat terbatas. Nah, disinilah kita akan sangat terbantu oleh fog lamp alias lampu kabut. Fungsi utamanya pastilah menambah daya pengelihatan di kala hujan. Diluar manfaatnya untuk membantu penglihatan pada jalanan yang berkabut. Fog lamp dapat meningkatkan visibilitas pengendara di malam hari sekalipun tidak ada kabut. Artinya, lampu ini bisa berfungsi sebagai tambahan penerangan dari lampu utama.

berfungsi sebagai tambahan penerangan dari lampu utama.

Kelelahan pada mata tidak memerlukan penanganan yang serius. Asalkan Anda tanggap dan segera melakukan tindakan supaya mata dapat beristirahat. Cukup dengan mengistirahatkan mata, rasa lelah itu pun akan hilang. Anda juga dapat melakukan hal ini untuk mengatasi mata yang lelah:


Tidur yang cukup adalah salah satu obat yang mujarab. Karena, selama tidur mata akan diisi ulang oleh nutrisi penting. Jika sedang melakukan perjalanan di jalan tol, Anda bisa berhenti di rest area untuk tidur sejenak.
Mengedipkan mata. Berkedip akan menghasilkan air yang akan melembabkan dan menyegarkan mata Anda.
Menggunakan tetes mata untuk melembabkan mata Anda yang kering.
Kelenjar air mata juga dapat dirangsang dengan pijatan lembut pada kelopak mata dan otot atas alis, dan atas pipi Anda. Lakukan hal ini maksimal dua kali sehari selama 10 detik. Pijatan ini juga bisa membuat mata kita segera rileks dan segar kembali.
Terik matahari juga menjadi sumber yang bisa menyebabkan mata kering dan lelah. Hal ini karena syaraf dan otot mata terus melakukan aktivitas untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam penglihatan. Dengan kacamata hitam penglihatan akan lebih terbantu karena mengurangi cahaya yang masuk ke mata sehingga terasa lebih dingin dan nyaman.
Mata terasa tidak nyaman tapi tidak merasa ngantuk, hanya merasa sedikit pegal-pegal. Lakukan olahraga ringan untuk mengatasi kelelahan tersebut dengan menggerakkan anggota badan dari atas ke bawah secara berurutan. Olahraga tidak hanya menyegarkan mata, tapi juga membuat aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar.


Selain cara-cara di atas, perhatikan pula asupan makanan sehari-hari. Pastikan jika apa yang Anda konsumsi mengandung cukup vitamin A, C, dan E serta B kompleks dan zink agar kesehatan mata tetap terjaga. Bila perlu, konsumsi pula suplemen tambahan jika ingin meningkatkan dan memperbaiki kualitas penglihatan.

Bagi Anda yang memiliki intensitas tinggi dalam berkendara, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan mata. Konsentrasi yang tinggi terhadap kondisi jalan, membuat mata Anda jarang berkedip, sedangkan berkedip sendiri adalah proses mengeluarkan air mata untuk pelumasan mata. Bisa dibayangkan jijika ka Anda jarang berkedip, tentunya mata akan kering dan merah. Jangan memaksakan kondisi mata Anda, jika sudah merasa lelah segeralah untuk berhenti dan mengistirahatkan mata. Kondisi yang berulang dan berlangsung dalam waktu lama akan membawa akibat yang lebih buruk untuk kesehatan mata Anda. Dan tentunya membahayakan diri Anda dan juga pengguna jalan yang lain jika Anda memaksakan diri untuk terus berkendara sementara kondisi mata tidak sempurna. Siapkan kondisi fisik Anda dengan baik, untuk kualitas berkendara yang lebih baik pula.
order_wa-1140x380
Driver Wuling Yang Sering Ngantuk Harus Baca Ini Driver Wuling Yang Sering Ngantuk Harus Baca Ini Reviewed by Wuling Jakarta on 14.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Tanggapan Anda Bisa Langsung Diutarakan Disini!
Jika Petani Belum Memiliki Acount Untuk Memberi Komentar Bisa Menggunakan Anymous